Membuat website blog sekolah dengan wordpress gratis

Membuat blog sekolah dengan wordpress gratis - Selamat jumpa kembali semua pengunjung smp online. Artikel ini dibuat sebagai lanjutan pembahasan di tutorial sebelumnya yaitu terkait bagaimana membuat situs web blog untuk sekolah atau uiniversitas. kami tidak akan menjelaskan lagi dasarnya ya, kami harap teman-teman sudah membaca bahasan sebelum di: Web Sekolah Mudah Versi Baru 2023 jika belum jangan lupa disimak terlebih dahulu.

Saat ini kita akan bahas dahulu bagaimana membuat blog sekolah versi wordpress, diartikel berikut baru kita akan lanjut dengan membuat website sekolah berbasis blogger.com.

Tutorial Singkat Membuat Blog Sekolah Versi Wordpress

Blog Sekolah Versi Wordpress
Ilustrasi: Blog Sekolah Versi Wordpress

By the way, biar gak bingung untuk gimana cara buat blog sekolahnya. Kamu harus paham terlebih dahulu bahwa blog wordpress sendiri terdiri dari 2 macam ( kedua macam ini sama-sama gratisan ya ). Perbedaan dari keduanya adalah dari sisi cara menghosting situs atau blog sekolah nantinya.

Perbedaan Blog Wordpress

  1. Wordpress.com. Platform bloggin online yang memiliki firus gratis membuat blog secara online. Fasilitasnya berupa hosting dengan domain dan penyimpanan gratis. Jadi kamu cukup mengunjungi situs www.wordpress.com atau id.wordpress.com untuk memulai membuat blog sekolah. Kamu tidak perlu pusing menyiapkan domain ataupun membeli paket hosting lagi. Cukup mudah bukan?
  2. Wordpress.Org (CMS). Nah kalau versi ini beda lagi, ini adalah sebuah palteform blogging, lebih tepatnya adalah sebagai sistem manajemen konten website dimana disediakan gratis untuk kamu download lalu instal di server yang kamu miliki. Walaupun kamu memiliki akses keseluruhan, namun prosesnya sedikit lebih rumit dibanding versi wordpress.com. Kamu setidaknya harus sudah menyiapkan sebuah hosting maupun domain seperti yang pernah kita bahas dihalaman sebelumnya.

Mendownload Software Blog

Ok, karna membuat blog di wordpress.com tidak perlu dijelaskan lagi maka sekarang di langsung ke memulai membuat situs sekolah dengan cms wordpress. Langkah pertama yaitu mendownload skrip phpnya (software) di halam situs resmi: https://id.wordpress.org/. gunakan link tersebut jika web atau blog yang ingin kamu buat adalah berbahasa indonesia.

Tulisan berjudul "Membuat website blog sekolah dengan wordpress gratis" dipublikasikan diblog smp online yang merupakan karya tulis siswa-siswa untuk mengambngkan krativitasnya. Thema tulisan ini adalah: Bagaimana tutorial membuat blog sekolah wordpress gratis, setelhnya kita akan lanjut dengan membuat website sekolah berbasis blogger. Saran dan kritik bisa disampaikan pada halaman tersuai.