Cara Membuat Bog / Web Sekolah Dengan Mudah Versi Baru 2023

Cara membuat blog - Hai hai teman-teman, kali ini kita akan membahas sedikit tentang proses cara buat website atau blog yang bertopik situs sekolahan atau blog dengan topik bebas bisa juga karna kurang lebih memiliki cara yang sama. Tapi dalam tutorial artikel ini kita akan berfokus pada cara cepat membuat web sekolah misalnya pembuatan web sekolah negeri maupun swasta dimana di setiap harinya pihak sekolah bisa memberikan berita-berita serta informasi kepada murid atau pembaca secara online diinternet.

Contoh Buat Web Blog Sekolah
Contoh Ilustrasi: Buat Web Blog Sekolah

Persiapan Dalam Membuat Web Blog Sekolah

Sebelum kita memulai dengan bagaimana cara untuk membuat website sekolah yang kita inginkan, terlebih dahulu kita mengetahui beberapa hal penting maupun istilah yang sering akan kita jumpai dalam proses pembuatan sebuah situs online.

Nama Domain atau Alamat Unik Website

Nah hal wajib yang harus kita miliki agar bisa membuat blog atau web sekolah yaitu nama domain ( misalnya seperti alamat blog ini :www.smpnsatusomolomolo.sch.id ). Khususnya karna web yang akan dibuat adalah web blog sekolah maka biasanya website sekolah  menggunakan ekstensi nama domain dot sch.id. Ini bisa didaftarkan di berbagai pendaftar nama domain dalam negeri seperti rumahweb, pandi, dll.

Server / Web Hosting

Setelah punya domain selanjutnya kita juga harus memiliki web hosting, adalah server dimana menjadi tempat menyimpan informasi tentang website sekolah yang akan dibuat. Hosting ini sendiri bisa dipesan diberbagai layanan yang sudah sangat banyak sekarang ini, bahakn tidak semuanya berbayar, ada juga yang gratisan. Silahkan sesuaikan dengan kemampuan sekolah masing-masing ya.

Pilihan Platform Web Sekolah

Nah jika persiapan sudah dilakukan, nama domain untuk web sekolahnya sudah didaftarkan beserta server hosting untuk blognya juga sudah tersedia maka seharusnya kita sudah bisa memulai membuat situs diinternet. Yups, langkah berikut adalah memilih platform apa yang akan kita gunakan. Meskipun ada sangat banyak pilihan yang ada saat ini dan itu akan sangat membingungkan pemula, disini kami akan membuatnya secara sederhana saja ya untuk mempermudah supaya pemua bisa dengan mudah membuat web sekolah tanpa kendala teknis yang terlalu memusiangkan. Ada 2 opsi membuat web dengan mudah:

1. Opsi Web Hosting ( Wordpress )

Jika kamu memilih untuk menggunakan layanan berbayar, dimana kamu telah membeli nama domain dan hosting website di penyedia pilihan kamu. Maka opsi ini adalah cara terbaik dengan keleluasaan maksimal. Kamu bisa mendowload sofware pembuat web blog di wordpress.org, menginstalnya di web hosting dan kemudian mendesai situs sekolah yang kita telah rencanakan.

2. Opsi Blog Gratis ( Blogger )

Nah pilihan berikut dalam membuat blog sekolah akan lebih sederhana dan minim budget. Kita akan memanfaatkan fasilitas membuat web sekolah gratis yang disediakan oleh blogger.com ( Layanan yang juga dikelola oleh raksasa internet google). Tak perlu memikirkan biaya membuat web sekolah lagi sob, karna dari domain, hosting websitenya adalah gratis. Cara ini benar-benar sangat hemat biaya dan bahkan bisa dibilang tanpa biaya sedikitpun.

Untuk kesempatan berikutnya kita akan membahas lebih detail mengenai bagaimana cara membuat webblog sekolah ini. Baik itu melalui worpress ataupun blogger.com. 


Tulisan berjudul "Cara Membuat Bog / Web Sekolah Dengan Mudah Versi Baru 2023" dipublikasikan diblog smp online yang merupakan karya tulis siswa-siswa untuk mengambngkan krativitasnya. Thema tulisan ini adalah: Proses cara buat website atau blog yang bertopik situs sekolahan atau dengan topik bebas bisa juga karna kurang lebih memiliki cara yang mudah. Saran dan kritik bisa disampaikan pada halaman tersuai.